Rabu, 17 April 2013

0

Pengertian Domain Dan Kegunaannya

Posted in ,


Pengertian Domain Dan Kegunaannya

A.    Pengertian Domain
Menurut wikipedia, Domain merupakan semacam identitas server kita dalam jaringan komputer atau internet. Domain sendiri berfungsi untuk mempermudah pengguna internet dalam mengakses server tanpa harus mengingat deretan angka rumit yang biasa disebut dengan Alamat IP. contoh domain seperti “zabhie.com” yang berarti untuk mengunjungi Zabhie Site kita tinggal mengetikkan zabhie.com pada kotak URL pada browser.
Domain dalam bentuk awalnya terbagi menjadi 2 bagian yaitu Nama Domain dan Ekstensi Domain, Contohnya nama domain zabhie.com, ZABHIE adalah nama domain dan ekstensinya adalah COM, antara nama dan Ekstensi domain dipisahkan dengan DOT (.). dalam perkembangannya ekstensi domain dibagi menjadi beberapa bagian sebagai berikut:
1.        Top Level Domain
Top Level Domain masih dibagi lagi menjadi 2 jenis yaitu Generic/Global Top Level Domain (gTLD) dan Country Code Top Level Domain (ccTLD)
a.       Generic/ Global Top Level Domain merupakan domain yang digunakan untuk mengidentifikasikan alamat domain secara global
1)      .com (berarti Komersial)
2)    .net (berarti Network atau Jaringan)
3)     .org(berari Organisasi)
4)    .edu(berarti pendidikan/edukasi)
5)    .gov(berarti pemerintahan)
6)    .mil(berarti militer)
7)    .info (berarti informasi), dll.
b.      Country Code Top Level Domain (ccTLD) merupakan domain yang dipakai untuk mengidentifikasikan kode negara
1)      id (Kode Domain Negara Indonesia)
2)    ca (Kode Domain Negara Canada)
3)     us (Kode Domain Negara Amerika Serikat)
4)    uk (Kode Domain Negara Inggris)
5)    untuk daftar ccTLD Lebih lengkap silahkan lihat.

B.    Sub Domain
Subdomain merupakan nama domain dibawah naungan Top Level Domain, tetapi Subdomain mampu untuk berdiri sendiri, sebagai contoh adalah ketika kita mendaftarkan blog gratis di Blogspot, WordPress, Tumblr, dll. Kita akan diberi alamat domain misalnya zabhie.blogspot.com, ketika kita memiliki domain TLD pun kita bisa menambah subdomain misalnya blog.zabhie.com, toko.zabhie.com dll.
Perlu diketahui bahwa dalam Pembuatan Nama Domain tidak mempermasalahkan besar kecilnya huruf yang digunakan, jadi misalnya ZABHIE.COM, zabhie.com atau ZaBHie.Com itu sama saja, dan perlu diketahui pula nama domain hanya terdiri dari Huruf, Angka dan garis penghubung, jadi tidak di izinkan untuk memakai tanda diluar itu.
Secara sederhana domain adalah alamat website kita, jika ada pengunjung yang ingin untuk membaca artikel-artikel kita, pengunjung hanya tinggal mengingat nama domain tersebut atau mem-bookmark pada browser mereka untuk mempermudah mereka berkunjung kembali ke website kita.
Untuk jangka panjang sangat penting untuk kita sebagai bloger memiliki Nama Domain Sendiri, penentuan nama domain bisa bermacam macam tergantung dari tujuan pembuatan website/blog masing-masing, ada yang memberi nama domain sesuai dengan keyword yang dikehendaki, biasanya ini dilakukan untuk membidik keyword yang dimaksud, misalnya tutorialblog.com yang berarti sang empunya blog/website tersebut menginginkan pengunjung blognya adalah orang-orang yang sedang mencari tutorial, pembuatan domain seperti ini sangat bersahabat dengan optimasi search engine.
Ada juga yang memberi nama domain dengan nama mereka misalnya “zabhie.com” pembuatan domain seperti ini biasanya ditujukan untuk tujuan branding nama pemilik wesite/blog agar mereka dikenal di internet, memang butuh kerja lebih untuk mendapatkan pengunjung yang terarah, tetapi untuk mengoptimalkan pencarian, tidaklah berhenti pada keyword yang terletak pada nama domain.

0 komentar: